Standar Komunikasi Data

"Standar Komunikasi Data"

Gambar terkait

Halo guys welcome back to my blog,kali ini saya akan membahas tentang standar komunikasi data kalian udah gak sabar kan,langsung saja kita eksekusi.


1.OSI layer

Open System Interconnection atau biasa disingkat OSI adalah sebuah model referensi dalam bentuk kerangka konseptual yang mendefinisikan standar koneksi untuk sebuah computer.
                                       
Tujuan dibuatnya model referensi OSI ini adalah agar menjadi rujukan untuk para vendor dan developer sehingga produk atau software yang mereka buat dapat bersifat interporate, yang berarti dapat bekerja sama dengan sistem atau produk lainnya tanpa harus melakukan upaya khusus dari si pengguna.

  • Penjelasan layer-layer OSI

1.Application Layer : Lapis ini memungkinkan pengguna melakukan akses terhadap jaringan komunikasi melalui aplikasi antar muka (interface), misalnya: aplikasi mail browser memungkinkan pengguna menulis, membaca, mengambil, mengirim serta mengorganisasi pesan

2. Presentation Layer : Lapis ini memiliki fungsi khusus yang berkaitan dengan translasi informasi di antara dua buah sistem, melakukan proses enkripsi untuk data-data yang penting dan melakukan proses kompresi dengan satu tujuan untuk memperkecil jumlah bit yang akan dikirimkan melalui jaringan komunikasi.

3.Session Layer : Lapis ini melakukan kendali terhadap percakapan (dialog control) yang terjadi di antara dua buah sistem. Model dialog yang mungkin dilakukan adalah: simplex, halfduplex dan full-duplex.

4.Transport Layer : Transport layer merupakan lapis yang menangani proses komunikasi dari titik ke titik yang sebenarnya. Bandingkan dengan tiga lapis teratas (application, presentation, session) yang hanya menangani proses pemformatan data, pengaturan data dan pengaturan persiapan komunikasi.

5. Network Layer : Network layer bertanggung jawab untuk pengiriman paket data dari alamat sumber ke alamat tujuan. Termasuk di dalamnya adalah mengatur rute perjalanan masing-masing paket melintasi jaringan komunikasi.

6.Data-link Layer : Di dalam proses komunikasi data sangat mungkin sekali terdapat berbagai macam peralatan yang membentuk sebuah jaringan komunikasi di antara titik sumber dan titik tujuan. Titik-titik lain yang berada di tengahtengah di atanra titik sumber dan titik tujuan ini kita sebut dengan istilah intermediate node.

7.Physical Layer : Lapis ini bertanggung jawab untuk membawa bit-bit data melalui media tranmisi. Karena itu physical layer bertanggung jawab menentukan spesifikasi perangkat keras, seperti: representasi bit dalam bentuk tegangan listrik, antar-muka (interface) perangkat komunikasi, jenis dan karakteristik media transmisi, topologi jaringan komunikasi, konfigurasi jaringan komunikasi, spesifikasi peralatan dengan kelajuan pengiriman data (data rate) tertentu, dan hal-hal lain yang terkait media komunikasi secara fisik.


  • Cara kerja OSI layer
1. Pertama data dibuat oleh host A. Kemudian data tersebut turun dari application layer sampai ke physical layer (terjadi enkapsulasi sempurna).

2. Data keluar dari host A menuju kabel dalam bentuk bit.

3. Data masuk ke hub (dalam bentuk bit dan tidak mengalami proses apa apa karena hub bekerja pada physical layer).

4. Data keluar dari hub, masuk ke switch.

5. Setelah data keluar dari switch, masuk ke router.

6. pada akhirnya data sampai pada host B. data dalam bentuk bit naik dari layer 1 sampai 7. dalam proses ini data yang dibungkus oleh header header layer osi mulai dilepas satu persatu.

  • Layer-layer TCP/IP
Hasil gambar untuk layer tcp/ip

  1. Network Access Layer, Bertanggung jawab untuk mengirim dan menerima data dari media fisik.
  2. Internet Layer, Bertanggung jawab dalam proses pengiriman ke alamat yang tepat (IP, ARP, dan ICMP).
  3. Transport Layer, Bertangung jawab dalam mengadakan komunikasi antar host.
  4. Application Layer, Tempat aplikasi-aplikasi yang menggunakan TCP/IP stack berada.



  • Badan Organisasi Stadard Komunikasi Data.
Berikut adalah beberapa badan resmi organisasi standard komunikasi data.
1. Indonesia : Menkominfo.
2. nggris : British Standard Institute (BSI).
3. Jerman : Deutsche IndustrieNormen (DIN) .
4. Amerika : American National Standard Institute (ANSI) .
5. BRT : Badan Regulasi Telekomunikasi >> BadanStandar Indonesia .

Sementara dari berbagai belahan dunia yaitu:
Badan Standard Eropa.
ETSI. 





European Telecommunications Standards Institute > Suatu badan independent yang menetapkan standard untuk komunitas Eropa, Contoh : standard GSM.


Badan Standard Amerika.

IEEE.


Institute of Electrical and Electronics Engineers > Asosiasi engineer elektro internasional, Contoh standard : LAN. Tugas pokok dari IEEE itu sendiri adalah Meningkatkan kualitas dari produk – produk elektronik yang nantinya akan sangat berguna pada masyarakat.


Organisasi Global.

ITU.



International Telecommunication Union > Badan khusus PBB yang bertanggung jawab di dalam bidang telekomunikasi tingkat global. ITU fokus meningkatkan infrastruktur telekomunikasi diseluruh dunia.

Sekian sharing dari saya semoga bermanfaat,jangan bosen bosen,kalau ada kesalahan mohon di maafkan silahkan tulis di coment.terimakasih

Komentar

Postingan Populer