Keberagaman Aplikasi Komunikasi Data


"keberagaman Aplikasi Komunikasi Data"

Hasil gambar untuk komunikasi data

Halo guys kali ini saya akan memposting materi tentang ragam aplikasi komunikasi data.Berikut adalah jenis-jenis komunikasi data,antara lain:

  • Komunikasi Audio (pendengaran).
  • Komunikasi Visual/vidio (mata).
  • Komunikasi Audio Visual.
  • Komunikasi Data (menggunakan jaringan internet).
Setelah kalian mengetahui macam-macam komunikasi,sekarang mari kita jabarkan satu per satu.

1.Komunikasi Audio.
  • Komunikasi audio adalah bentuk komunikasi yang dilakukan dan terjadi melalui media audio. Komunikasi itu sendiri didefinisikan sebagai "suatu proses seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat yang menciptakan juga menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain". dalam bentuk komunikasi verbal.
  • Macam-macam perangkat audio:
Telepon.
Hasil gambar untuk telepon

Telepon, adalah media komunikasi audio yang digunakan dalam komunikasi antar personal yang banyak digunakan dalam lingkup kantor.

Radio.

Teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik. Gelombang ini melintas, dan merambat lewat udara, dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut dan menghasilkan suara.

Tape Recorder.
Hasil gambar untuk tape recorder
Tape recorder adalah alat untuk merekam yang maenggunakan kaset di dalamnya.

2.Komunikasi Visual/Video.

Komunikasi visual, komunikasi visual adalah  sebuah rangkaian proses penyampaian informasi atau pesan kepada pihak lain dengan penggunaan media penggambaran yang hanya terbaca oleh indra penglihatan.

Komunikasi visual menkombinasikan senilambangtipografigambardesain grafisilustrasi, dan warna dalam penyampaiannya.

Media komunikasi Visual:
1. Video IP
Adalah video yang dilewatkan melalui IP. Terdapat tiga kategori video pada saat mereka dipancarkan pada publik baik melewati satelit, melalui kabel, dan melalui IP atau format radio analog.

2.Video CODEC .
Berfungsi untuk melakukan fungsi kompresi sinyal video untuk penghematan bandwidth.


3.Video Controller.
Berfungsi untuk  melakukan kontrol seleksi (memilih) kamera yang ditayangkan.


4.Camera & monitor.
merupakan perangkat input/output dalam sistem video.

3.Komunikasi audio-visual.

  • Komunikasi audio visual adalah proses penyampaian pesan atau informasi dari sumber kepada satu penerima atau lebih dengan cara memvisualisasikan sekaligus memperdengarkan isi pesan atau informasi kepada penerima dengan melalui media yang menunjangnya. Media yang menunjangnya itu adalah media elektronik.
  • Syarat untuk terjadinya sebuah komunikasi audio video adalah harus dapat dilihat sekaligus didengar jadi untuk mengakses informasi yang disampaikan, digunakan indra penglihatan dan pendengaran.
Contoh audio-visual:

1.Film
Hasil gambar untuk film
Film atau gambar hidup merupakan gambar-gambar dalam frame dimana frame demi frame diproyeksikan melalui lensa proyektor secara mekanis sehingga pada layar terlihat gambar itu hidup.

2.Video
Hasil gambar untuk video logo
Video sebagai media audio visual yang menampilkan gerak, semakin lama semakin populer dalam masyarakat kita. Pesan yang disajikan dapat bersifat fakta (kejadian/ peristiwa penting, berita), maupun fiktif (seperti misalnya cerita), bisa bersifat informatif, edukatif maupun intruksional.

3.TV
Hasil gambar untuk tv
TV adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam-putih) maupun berwarna.

4.Komunikasi data

Proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih alat (seperti komputer / laptop / telepon genggam / printer / dan alat komunikasi lain) yang terhubung dalam sebuah jaringan. Baik lokal maupun yang luas, seperti internet.

  • Model komunikasi data

  • Elemen komunikasi data
Source.
Alat ini membangkitkan data sehingga dapat ditransmisikan, contoh : PC (Personal Computer) .

Transmitter (Pengirim).
Data yang dibangkitkan dari sistem sumber tidak ditransmisikan secara langsung dalam bentuk aslinya. Sebuah transmitter menyalurkan, mengkonversi dan menandai informasi sehingga dapat 


ditransmisikan melalui sistem transmisi contoh modem.



Transmission System (Sistem Transmisi) .
Berupa jalur transmisi tunggal (single transmission line) atau jaringan kompleks (complex network) yang menghubungkan antara sumber dengan destination (tujuan).

Receiver (Penerima).
Receiver menerima sinyal dari sistem transmisi dan menggabungkannya kedalam bentuk tertentu yang dapat ditangkap oleh tujuan. ( contoh : sebuah modem akan menerima suatu sinyal analog yang datang dari jaringan/ jalur transmisi dan mengubahnya menjadi suatu digital bit stream). 

Destination (Tujuan).
Menangkap data yang dihasilkan oleh receiver. 

5. Media Pengiriman Data.

Dibagi menjadi 2 yaitu:

Media yang terpandu.
  • Kabel Twisted Pair.
Kabel berpasangan, ada yang pasangan tunggal dan banyak pasangan.
  • Kabel Coaxial.
Kabel yang terdiri dari 2 konduktor: 1 konduktoor didalam, 1 konduktor diluar melingkupi yang di dalam. Kedua dipisahkan oleh isolator, dan terbungkus karet pembungkus.
  • Optical fiber.
Kabel yang terbuat dari kaca yang menyalurkan cahaya sebagai pembawa sinyal.
    Media yang tidak terpandu.
    • Wireless
    Media pengiriman data menggunakan medium udara sebagai media penyaluran sinyal elektromagnetik.



    Itu saja materi dari saya apa bila ada kesalahan tolong di coment guys,karena kita sama-sama belajar disini sekian terimakasih

    Komentar

    Postingan Populer