Konfigurasi Plesk pada Windows Server 2016




Halo guys kembali lagi bersama saya di blog ini.Kali ini kita akan membahas materi tentang bagaimana cara mengonfigurasi Plesk pada Windows Server 2016.Apa sih Plesk itu?.

Plesk merupakan Control panel yang tersedia untuk Windows dan Linux. Panel ini termasuk panel yang populer bagi penyedia hosting Eropa. Jika anda pengguna windows, Plesk merupakan pilihan yang tepat. Karena Plesk dapat dianggap sebagai salah satu panel paling nyaman dan mudah digunakan oleh pemula khususnya untuk OS windows ini.

Keunggulan lain dari Plesk adalah tingkatan loginnya. Ada 4 tingkatan login di Plesk. Bahkan semuanya memiliki permission dan tanggung jawab yang berbeda:

Administrator : level tertinggi, dapat mengatur dan membangun sistem dan juga mengelola beberapa server tertentu.
Client/Reseller : berfungsi untuk membuat dan mengatur sekelompok nama domain, permission-nya diberikan oleh administrator;
Domain Owner : memungkinkan untuk hanya mengatur nama domain;
Mail User : level paling rendah, pada tingkatan ini anda dapat masuk pada antarmuka webmail dan mengatur sandi, filter spam, dan lainnya.

Beberapa keunggulan Control Panel Plesk 

Setelah mengetahui definisi dari Plesk, berikut ini keunggulan dari Control Panel Plesk :

1. Ready-to-code Environment : Control Panel Plesk menyediakan environment yang siap digunakan (ready-to-code), yang mambantu menghemat waktu dan memperbaiki workflow agar kerja lebih efektif dan efisien.

2. Plesk Control Panel : Control Panel Plesk dibuat lebih mudah digunakan serta user-friendly dengan berbagai fitur dan tools yang disediakan untuk mempermudah Anda dalam mengembangkan website.

Full Fledged Development Environment : Mendukung berbagai bahasa pemrograman termasuk berbagai versi PHP, Perl, CGI-BIN, Java, Tomcat, Ruby, Phyton, .NET dan banyak lagi untuk kebutuhan pengembangan website Anda.

3. Open & Flexible third party interface : Control Panel Plesk menyediakan integrasi yang mudah dan dapat diintegrasikan dengan berbagai XML RPC API, CLI API, WHMCS, Ubersmith, marketing dan tool SEO sesuai kebutuhan.

4. Rock Solid Server Security : Anda dapat melakukan install semua kebutuhan keamanan yang dibutuhkan yang siap untuk dipasang dan digunakan dengan hanya sekali klik tanpa khawatir konfigurasi yang rumit.

Database Option & Management : Mendukung sebagian besar aplikasi database (seperti MySQL, MariaDB, PostgresSQL, MSSQL) dan mendukung operasional seperti backup, restore, fungsi-fungsi import/export.
WordPress Optimize : Kami membuat WordPress Anda lebih cepat, aman, up to date, dan mudah. Manajemen WordPress terpusat, core auto-update, security scan, plugin & theme management, dll.

5. Kemudahan Migrasi

Sama halnya dengan control panel lainnya, Control Panel Plesk didukung dengan kemudahan migrasi baik itu dari control panel yang sama atau berbeda. Proses lebih cepat dan Aman.

Oke sekarang kita langsung saja eksperiment menginstall Plesk pada virtual box.Lets kuy chek it out

Hal-hal yang kita butuhkan disini adalah sebagai berikut:
1.Aplikasi Virtual box


2.Windows server 2016 yang sudah diinstall.


Langkah-Langkah

1. Sebelumnya install terlebih dahulu windows server 2016.

2. Buka website https://www.plesk.com kemudian klik tombol Try For Free. 



3. Setelah itu silahkan kalian daftar dengan memasukkan nama pertama dan terakhir serta masukkan email yang masih aktif,pengalaman kalian di dunia IT dan masukkan asal negara kalian.



4. Scroll ke bawah lalu verifikasi pada kolom captcha, beri tanda centang pada I’m not a robot. Jika sudah klik tombol Get License Key.




5. Setelah itu periksa email kalian masing-masing dan verifikasikan bahwa email tersebut ialah email yang yang masih aktif, klik pada kalimat bertanda biru tersebut.



6. Tunggu beberapa saat sampai mendapatkan email license key dari plesk nya. Jika kalian sudah dapat scroll ke bawah dan cari icon windows lalu klik link yang ada pada default installation.



7. Tunggu hingga proses download nya selesai, jika sudah sekarang kita jalankan program nya.



8. Disini kalian akan otomatis masuk ke alamat http://localhost:8847, setelah itu masukkan username dan password windows server kalian klik login.





9. Klik pilihan Install or Upgrade Product.



10. Beri tanda centang pada opsi Plesk, lalu pilih versinya yang Obsidian kemudian klik kanan tombol continue.



11. Tunggu beberapa saat sampai download nya selesai.



12. Jika download nya sudah selesai pilih installation type nya Recommended dan beri tanda centang pada opsi Preview Component Selection untuk melihat komponen yang dipilih, lalu klik Continue jika sudah.









13. Dibagian bawah ini kalian dapat melihat dan mengatur apapun yang mau di install, Hijau berarti di Install, Merah berarti tidak di Install dan Tanda Seru berarti ada Update untuk paket tersebut.



Kalian cukup scroll ke bawah saja sampai menemukan tombol Continue lalu klik tombol nya.



14. Selanjutnya isikan password administrator yang digunakan oleh Plesk. Plesk akan menyimpan installasi dan data pengguna secara default pada directory C:\Program Files (x86)\Plesk, dan C:\Inetpub\vhosts untuk konten websites. Jika dirasa sudah klik tombol Continue untuk memulai install Plesk.



15. Tunggu hingga installasi dan download kompenen-komponen yang ada selesai.



16. Perhatikan pula bagian bawah dari Windows Logs Installasi nya. Jika ada tombol OK maka installasi nya telah selesai dan langsung klik OK.



VERIFIKASI

1. Setelah itu kalian bisa lihat di Desktop akan ada Plesk Obsidian, kita buka saja Plesk Obsidian nya.



2. Otomatis akan muncul pada browser dengan alamat https://localhost:8443 , kita klik pada Tingkat Lanjut dan Terima Resiko dan Lanjutkan. 



3. Masukkan username dan password windows server kalian masing-masing, pilih bahasa yang mau kalian gunakan, jika dirasa sudah klik Log In.


4. Setelah itu kalian akan dimintai beberapa data, isikan Contact Name dengan administrator, tentukan passwordnya untuk masuk ke Plesk. Klik opsi Proceed with a full-featured trial license.



5. Tunggu hingga proses nya selesai.


6. Kemudian kita akan masuk ke Plesk, untuk awal mari kita masukkan Domain yang kita gunakan. Klik Add Domain untuk menambahkan Domain kalian dalam Plesk. 



7. Setelah itu, isi pada kolom Domain Name (Domain Kalian masing-masing) dan untuk username serta passwordnya yang akan kalian pakai silahkan di isi juga. 



* Untuk passwordnya klik saja Generate.


* Setelah itu tunggu saja beberapa saat, setelah itu DNS kita sudah berhasil dibuat



8. Sebelum itu mari kita atur Ip Address DNS nya pada Network kita. (IP DHCP yang didapat,disini saya dapat ip 192.168.0.7)



9. Masuk ke menu login Plesk menggunakan domain kalian, masukkan alamat https://rino.com:8843 .



Kita udahan dulu sharing dan belajar barengnya,jangan bosen-bosen main ke blog ini.Semoga bermanfaat bagi kalian yang membacanya.Sekian dari saya kurang lebih nya mohon maaf,jika ada kesalahan silakan comment di bawah.Akhir kata terimakasih.

Komentar

Postingan Populer